Nasional, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla direncanakan memimpin upacara pemakaman KH Hasyim Muzadi, Kamis, 16 Maret 2017. Pemakaman akan dilakukan di lingkungan Pondok Pesantren Al-Hikam, Beji, Depok.

"Pak JK akan memimpin upcara pemakaman KH Hasyim Muzadi di Depok," kata juru bicara Wapres, Husain Abdullah, dalam keterangan persnya pada wartawan, Kamis, 16 Maret 2017.

Hasyim Muzadi wafat pada Kamis pagi ini pada usia 72 tahun di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur. Rencananya, jenazah figur yang pernah menjabat Ketua Umum PBNU 1999-2010 ini akan diterbangkan dari Malang setelah zuhur. Hasyim Muzadi saat ini tercatat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

Semasa sakit, Hasyim Muzadi pernah dibesuk JK pada 16 Januari 2017. "Waktu itu sudah baikan, tapi keadaan kesehatannya turun naik sampai wafat pagi ini," kata Husain.

Husain menambahkan, almarhum Hasyim Muzadi adalah seorang ulama besar dan sahabat yang sangat dekat dengan Jusuf Kalla. "Pak JK dan bangsa ini sangat kehilangan dengan kepergian almarhum yang begitu dicintai dan dihormati sebagai ulama yang teduh," tutur Husain.

Kalla, Husain melanjutkan, menyampaikan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas kepergian Hasyim Muzadi. Menurut Jusuf Kalla, Husain berujar, Masyim Muzadi adalah seorang yang perpandangan moderat, teladan umat dari setiap ajaran dan sikapnya. "Selain itu almarhum seorang ulama yang memiliki sikap teguh," ucap Husain.

AMIRULLAH SUHADA