Tekno, San Francsico - Bulan lalu WhatsApp melakukan sesuatu yang baru dengan menjadi lebih dari sekedar sebuah aplikasi pesan instan, yaitu hadirnya fitur “Status” seperti Snapchat. Fitur itu ternyata tidak memberi banyak kegembiraan di antara basis pengguna WhatsApp.

Masalahnya bermula ketika konsumen rata-rata tidak bisa menemukan status teks konvensional. WhatsApp telah mengganti status teks dengan sesuatu yang lebih visual, yaitu gambar sebagai status yang berjalan selama 24 jam.

Menurut laporan The Independent, perusahaan telah menghadapi kecaman besar dari konsumen. Oleh karena itu status teks kini akan kembali. Tapi fitur seperti Stories akan tetap ada bersama status teks.

Seorang juru bicara dari WhatsApp menyatakan, "Kami mendengar dari pengguna kami bahwa orang-orang kehilangan kemampuan untuk menetapkan pembaruan teks secara terus-menerus dalam profil mereka, jadi kami telah mengintegrasikan fitur ini ke dalam bagian 'About' di pengaturan profil."

"Sekarang, update akan muncul di samping profil nama kapan saja Anda melihat kontak, seperti saat membuat obrolan baru atau melihat Info grup."

"Pada saat yang sama, kami terus membangun fitur Status baru yang memberikan orang cara yang menyenangkan untuk berbagi foto, video dan GIF dengan teman-teman dan keluarga sepanjang hari mereka."

Menurut laporan itu, perubahan telah dilaksanakan dalam versi beta dari aplikasi Android dan akan datang ke versi final minggu depan. Untuk iOS, waktu tidak disebutkan secara spesifik tetapi kemungkinan mendapatkan pembaruan segera.

WhatsApp memiliki lebih dari 1 miliar pengguna. Perusahaan mengatakan para penggunanya berbagi lebih dari 50 miliar pesan setiap hari, termasuk 3,3 miliar foto, 760 juta video dan 80 juta GIF.

BUSINESS TODAY | ERWIN Z