Manfaat Teh Hijau Terhadap Kinerja Otak

teh-hijau-seduh-untuk-mel.jpg

Berabad-abad lamanya, teh digunakan oleh orang China sebagai obat-obatan tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan. Belakangan, teh dan ekstraknya telah menarik perhatian para ahli terkait dengan khasiat yang dimilikinya.

Banyak dari mereka yang meneliti khasiat yang dimilik teh, dalam hal ini teh hijau dan kandungan yang dimilikinya dalam mengurangi beberapa masalah kesehatan seperti: kanker, tekanan darah, kolesterol hingga Alzheimer.

Bukti dari penelitian ini adalah terbatas dan bahkan tidak dapat disimpulkan, namun studi terbaru menemukan bahwa ada satu kandungan yang dimiliki teh hijau yang dinamakan EGCG, dapat meningkatkan fungsi salah satu tubuh manusia, yakni otak.

“Banyak orang mengkonsumsi ekstrak teh hijau dalam bentuk yang berbeda-beda, karena itulah kami tertarik untuk meneliti efeknya (terhadap otak),” kata Stefan Borgwadt Professor of Neuropsychiatry dari University of Basel di Swiss seperti dikutip dari CNN.

Dalam studi pada tahun 2014, Borgwadt dan tim membagikan ekstrak teh hijau kepada 12 partisipan dan memetakan otak mereka untuk melihat adanya perubahan pada bagian otak tertentu. Para partisipan ini diberikan hidangan yang mengandung ekstrak teh hijau setara dengan satu hingga dua gelas.

Dua minggu berselang, tim peneliti menemukan bahwa adanya peningkatan konektifitas pada bagian otak yang bertanggungjawab terhadap daya ingat.

“Meminum teh hijau mampu meningkatkan daya ingat pada mereka yang sehat. Teh hijau juga berguna untuk menyembuhkan beberapa penyakit,” kata Borgwadt yang menekankan bahwa studi ini hanya dilakukan dalam skala kecil, namun mereka meyakini hasil yang menjanjikan atas penelitian tersebut.

0 Response to "Manfaat Teh Hijau Terhadap Kinerja Otak"

Posting Komentar

visitor


How Many People Visit
How Many People Visit