Tekno, Seoul -Dua jam pintar LG Electronics Inc yang berjalan dalam sistem operasi (OS) Android terbaru mulai dipasarkan di Amerika Serikat. Watch Style dan Watch Sport produksi LG—yang merupakan Android Wear pertama 2.0 Google Inc.–segera masuk ke toko-toko ritel di AS, Jumat, 10 Februari 2017.

Android Wear 2.0 memungkinkan penggunanya memilih dan mengunduh beragam aplikasi secara langsung dari Google Play Store, tidak lagi dari ponsel cerdasnya. LG Watch Sport yang tersedia dalam warna titan dan dark blue, dilengkapi jaringan LTE (long-term evolution) dan GPS. Jam pintar ini memiliki layar OLED 1,38 inci dan beroperasi dengan chip Snapdragon Wear 2100. Harganya 349 dolar AS.

Sedangkan LG Watch Style – yang berukuran lebh kecil dari Sport – memiliki layar 1,2 inci, tali yang dapat diganti (swappable straps) dan tombol power yang berotasi. Tombol ini memungkinkan pengguna membawa app launcher dan mengakses kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) berbasis Google Assistant. LG Watch Style yang tersedia dalam warna perak, mawar emas (rose gold) dan titanium, dijual seharga 249 dolar AS.

Saat pasar jam cerdas tumbuh pesat, konsumen mulai menuntut lebih. Mereka tidak sabar dengan teknologi yang bisa dilakukan jam cerdas, seperti konektivitas LTE dan aplikasi spesifik untuk perangkat tertentu.

Dalam beberapa tahun ke depan, menurut BI Intelligence, pasar jam cerdas diperkirakan akan melihat penambahan fungsi baru dan peningkatan kemampuan. Pasar jam cerdas juga diprediksi mengalami peningkatan tahunan sebesar 18 persen hingga 2021 mencapai 70 juta unit

YONHAP | NEW ATLAS | HOTMA SIREGAR