Gaya, Jakarta -Makan buah anggur setiap hari dapat membantu melindungi otak terhadap penurunan awal yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer. Hal ini, terjadi berdasarkan hasil penelitian yang melibatkan orang-orang dengan penurunan memori awal. Penyakit Alzheimer adalah penyakit otak yang menyebabkan penurunan lambat pada memori dan keterampilan kognitif.

"Studi ini meneliti dampak dari buah anggur sebagai buah utuh dibandingkan senyawa terisolasi. Dan hasilnya menunjukkan bahwa asupan rutin anggur dapat memberikan efek perlindungan terhadap penurunan awal yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer," kata Daniel Silverman, ketua penelitian ini dari Universitas California. Los Angeles, Amerika Serikat.

"Dalam studi ini memberikan kontribusi untuk bukti yang berkembang dan mendukung peran bermanfaat untuk anggur. Terutama pada bidang neurolog dan kesehatan jantung," kata Silverman.

Dia menegatakan hasil penelitian ini diterbitkan dalam Jurnal Experimental Gerontology.

"Hasil penelitian ini juga menunjukkan mereka yang berdiet dengan makan anggur setiap hari hasilnya terlindungi penurunan aktivitas metabolik," ujar dia.

Silverman menerangkan pada aktivitas metabolik yang rendah di daerah-daerah otak merupakan ciri tahap awal penyakit Alzheimer. Selain itu, mereka yang mengkonsumsi diet anggur metabolismenya lebih meningkat, kemudian kerja otaknya yang berkorelasi dengan kinerja memori lebih bagus dan menjaga konsentasi dengan baik.

"Tentunya berbeda dengan mereka yang diet non anggur," kata Silverman. Dia juga menjelaskan penelitian ini pesertanya dengan penurunan memori awal yang dipilih secara acak. Lalu mereka setiap hari bersantap anggur bubuk yang setara dengan dua cangkir buah anggur.
HADRIANI P. |BOLDSKY