Metro, Jakarta - Ribuan peserta aksi 112 sudah memadati Masjid Istiqlal dan sekitarnya sejak Jumat malam. Jumlah peserta yang datang terus bertambah seiring puncak kegiatan pada Sabtu, 11 Februari 2017.

Masjid Istiqlal yang mampu menampung sekitar 200 ribu jamaah itu  kian sesak. Jamaah yang baru datang pagi hari sudah tidak bisa lagi masuk ke dalam masjid sehingga memenuhi area sekitar masjid.

Kepadatan manusia juga sudah mulai terlihat di stasiun-stasiun kereta dekat Istiqlal seperti Stasiun Djuanda dan Gondangdia. Kebanyakan massa melanjutkan dengan berjalan kaki menuju Istiqlal.

Hujan deras sempat turun. Namun, para peserta seperti sudah bersiap-siap. Banyak dari mereka yang mengenakan jas hujan. Sebagian lainnya terpaksa berbasah-basahan.

Ada pula sejumlah jamaah yang menumpang berteduh di tenda-tenda milik relawan atau milik pedagang kaki lima. Yang lainnya, ada yang memilih masuk ke dalam halte Transjakarta Djuanda yang sedang tak beroperasi sementara karena aksi itu.

Sementara itu, dari pengeras suara diketahui saat ini di dalam Masjid Istiqlal sedang dilaksanakan pengajian kitab Ihya Ulumuddin karangan Imam Ghazali. Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar yang menjadi pengajarnya.

Selain dihadiri oleh massa dari berbagai daerah, aksi 112 ini juga dihadiri oleh sejumlah tokoh. Nampak Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono dan Anies Baswedan serta calon Wakil Gubernur Sandiaga Uno. Ada juga Hatta Rajasa, Hidayat Nur Wahid dan Arifin Ilham. Mereka ikut hadir dalam salat subuh berjamaah.

AHMAD FAIZ