Gaya, Jakarta - Menurunkan berat badan bukanlah hal mudah. Selain rajin berolahraga, Anda harus mengatur pola dan jenis makanan yang dikonsumsi.

Tahukah Anda berapa jumlah kalori yang tersembunyi dalam minuman sehari-hari? Berikut ini daftar minuman yang harus dihindari saat Anda menjalani diet untuk mengurangi berat badan.

1. Minuman Soda Diet
Tulisan zero calories sering mengecoh. Minuman soda diet, yang memang tidak mengandung kalori sama sekali, merupakan alternatif buruk untuk Anda yang sedang diet. Sebuah penelitian dalam Jurnal Obesitas (Journal of Obesity), menemukan bahwa mengkonsumsi soda diet akan meningkatkan rasa lapar.

2. Jus Buah
Buah memiliki gula alami yang biasanya berkadar tinggi. Contohnya, segelas jus anggur mengandung enam sendok gula dan segelas jus apel mengandung tujuh sendok. Jus buah menyebabkan naik-turunnya kadar gula tinggi secara tiba-tiba, sehingga nantinya meningkatkan rasa lapar. Apalagi, proses membuat jus buah menjadikannya kehilangan banyak nutrisi dan serat, sehingga hanya tersisa sumber gula. Mengkonsumsi buah utuh lebih baik daripada jus. Seperti dikutip dari Women’s Health, smoothie–jus dari gabungan berbagai buah–juga patut dihindari. Lebih baik hindari mengkonsumsi lebih dari satu jenis buah secara bersamaan.

3. Kopi Susu
Kopi susu yang disajikan di kedai kopi ternyata memiliki kadar gula yang lebih banyak daripada minuman soda. Minuman kopi susu seperti mocha latte, mengandung 15 sendok teh gula. Sebaiknya, minumlah kopi hitam tanpa gula.

4. Susu Skim
Ternyata orang-orang yang meminum susu skim, lebih berisiko menambah berat badannya. Ini disebabkan oleh paradoks bahwa mereka perlu mengganti kalori dari susu skim yang dirasa kurang, sehingga akhirnya konsumsi karbohidrat mereka justru meningkat. Sebaiknya minum susu biasa yang mengandung lebih banyak protein dan kalsium.

5. Es Teh Manis Kemasan
Sama seperti jus buah, es teh manis kemasan memiliki kadar gula yang tinggi. WebMB melaporkan bahwa satu gelas es teh manis kemasan mengandung 116 kalori.

6. Alkohol
Alkohol, terutama bir dan anggur, mengandung kalori tinggi. Segelas bir bahkan mengandung 150 kalori. Selain itu, koktail buah patut dihindari karena kandungan gulanya yang tinggi.

DAILYMAIL | ZARAAMELIA