Gaya, Jakarta - Tiga kanker yang paling sering dialami pria adalah kanker paru-paru, prostat, dan kolorektal atau usus besar.

Kanker paru-paru merupakan penyakit dengan ciri khas adanya pertumbuhan sel yang tidak terkontrol pada jaringan paru-paru. Bila tidak dirawat, pertumbuhan sel ini dapat menyebar ke luar dari paru-paru melalui proses yang disebut metastasis ke jaringan yang terdekat atau bagian tubuh lain.

Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi lelaki. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali. Sel ini dapat menyebar secara metastasis dari prostat ke bagian tubuh lain, terutama tulang dan lymph node.

Kanker kolorektal adalah jenis kanker yang tumbuh pada usus besar (kolon) atau rektum. Kanker ini umumnya bermula dari polip yang tumbuh di sepanjang dinding permukaan dalam usus besar serta rektum.

Anda harus waspada kanker, jika mengalami tanda-tanda ini:

- Perubahan testis atau penis. Beri tahu dokter Anda, jika Anda memiliki rasa sakit atau melihat benjolan, kemerahan, atau perubahan ukuran atau bentuk.

- Batuk atau suara serak yang tidak hilang. Seperti batuk parah yang berlangsung lebih dari tiga pekan, atau Anda melihat darah saat batuk.

- Masalah kencing. Katakan kepada dokter bahwa Anda memiliki rasa sakit ketika buang air kecil atau darah dalam urine Anda.

- Perubahan kebiasaan buang air besar. Diare atau sembelit yang berlangsung selama lebih dari empat pekan dapat menjadi tanda kanker kolorektal. Darah dalam kotoran Anda tidak normal.

WebMD | AFRILIA SURYANIS