Tekno, Jakarta - Ketika Apple meluncurkan Airpods, earphone tanpa kabel, tak semua respons yang muncul bersifat postif. Tapi, hal itu tak menghalangi pabrikan besar itu untuk tetap mengandalkan diri pada teknologi nirkabel itu.

Sebuah bocoran, pada Kamis, menyebutkan bahwa tiga seri iPhone mendatang akan memiliki fitur wireless charging. Informasi tersebut dibocorkan oleh KGI Securities, lembaga investasi asal Taiwan yang sebelumnya membocorkan info-info mengenai iPhone 7 dan 7 Plus.

KGI Securities menyebutkan bahwa Apple sedang mengerjakan ‘over-the-air charging’, yang memungkinkan penggunanya untuk mengisi daya baterai iPhone mereka tanpa menghubungkannya ke kabel atau perangkat apapun.

Seperti dikutip dari catatan yang diperoleh MacRumors, Ming-Chi Kuo – analis dari KGI Securities – menyebutkan bahwa fitur wireless charging sebelumnya berpotensi meningkatkan temperatur internal iPhone. Maka itu, keluaran iPhone terbaru nanti, yang disebut-sebut sebagai iPhone X, akan memiliki komponen yang dapat melindungi unit iPhone agar tidak mengalami overheating atau panas berlebih.

Bahkan, pengguna iPhone jenis baru tersebut tidak akan mampu menyadari perubahan panas tubuh perangkat. Sayangnya, komponen pelindung panas tersebut turut meningkatkan ongkos produksi per unit hingga US$ 5 atau setara dengan Rp 66.000. Penambahan hardware tersebut disebut-sebut akan menaikkan harga iPhone hingga lebih dari US$ 1000 atau setara dengan Rp 13,3 juta per unit.
Menurut The Verge, Kuo sebelumnya juga menyebutkan bahwa ia perkiraan desain terbarunya pada ketiga iPhone yang akan datang. Apple akan kembali kepada penggunaan kaca untuk bagian depan dan belakang iPhone. Dua model akan memiliki desain yang sama seperti iPhone 7 dan 7 Plus dengan besar layar LCD 4.7 inci dan 4.5 inci, sedangkan satunya akan memiliki desain yang lebih canggih, yaitu dengan layar OLED – layar tipis hemat daya – berukuran 5,8 inci. Ketiga iPhone terbaru ini akan dirilis September mendatang.

MASHABLE | ZARA AMELIA | NS