Metro, Jakarta - Pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Syihab tiba di Masjid Istiqlal untuk memimpin jalannya aksi 112, Sabtu, 11 Februari 2017. Ia tiba sekitar pukul 08.35 dengan pengawalan ketat dari puluhan anggota laskar FPI.

Kedatangan Rizieq langsung menarik perhatian massa. Massa yang berkumpul di halaman Masjid Istiqlal berburu untuk mengambil fotonya. Para anggota laskar FPI yang mengawal Rizieq terus mencoba menghalau massa dan pers yang berusaha mendekatinya.

Tanpa bersuara, Rizieq terus berjalan. Sesekali dia nampak mengepalkan tangan kanannya ke atas.

Rizieq datang disambut dengan pekikan takbir dan lantunan salawat dari para jamaah. Hujan gerimis turut menyertai kehadiran pembina Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) ini.

Selain Rizieq, di Masjid Istiqlal telah hadir dai Arifin Ilham, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Hidayat Nur Wahid, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar dan dua calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono dan Anies Baswedan.

Aksi 112 ini diikuti oleh ribuan jamaah dari berbagai provinsi. Lewat pengeras suara, terdengar seruan mengajak umat untuk memilih kepala daerah yang beragama Islam dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak pada 15 Februari 2017 mendatang. Selain itu, aksi ini juga menuntut agar kriminalisasi terhadap ulama dihentikan.

AHMAD FAIZ