Metro, Jakarta - Belasan ribu massa umat Islam memadati sekitar Masjid Istiqlal, Sabtu, 11 Februari 2017. Mereka datang berduyun-duyun menuju Masjid Istiqlal untuk  mengikuti aksi damai dan dzikir bersama 112 yang digelar oleh Forum Umat Islam.

Massa mulai bergerak memadati Istiqlal sejak subuh. Puncaknya, massa datang dan berkumpul pada pukul 07.00 WIB. Mereka memarkirkan kendaraannya di sepanjang Jalan Medan Merdeka Timur hingga Medan Merdeka Selatan.

Akibatnya, kendaraan berbagai jenis diparkir di tengah jalan secara acak. Kepolisian pun terpaksa menutup jalan dan mengalihkan arus kendaraan. Kebanyakan massa kemudian berjalan kaki sejauh lebih dari satu kilometer menuju Istiqlal. Mereka menyerukan salawat nabi dan nyanyian aksi bela Islam.

"Aksi bela Islam, aksi bela Islam, Allah Allah Akbar," seru para massa. Massa datang dari berbagai wilayah. Sebagian besar dari sejumlah kota mulai Jakarta, Depok, Bekasi, Bogor hingga Bandung. Mereka membawa sejumlah atribut seperti bendera bahkan ada yang membawa rebana.

Sampai berita ini ditulis, proses dzikir masih terus berjalan. Dzikir bersama ini dipimpin oleh Arifin Ilham dan Bachtiar Nasir. Massa kebanyakan mengenakan seragam warna putih dan peci putih.

Sementara itu, helikopter kepolisian rutin mengelilingi kawasan Istiqlal. Mereka terbang rendah di antara ribuan massa. Petugas kepolisian juga berjaga di sejumlah titik kumpul massa.

AVIT HIDAYAT