Inilah Alasan Kenapa Lalat itu Dikatakan Sebagai Obat Penangkal Bakteri dan Virus

“Hai manusia, telah dibuat perumpamaan, maka dengarkanlah olehmu perumpamaan itu. Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah sekali-kali dapat meciptakan seekor lalatpun, walaupun mereka bersatu menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, tiadalah mereka dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Amat lemahlah yang menyembah dan amat lema (pulalah) yang disembah” (QS. Al-Haj ayat 73)

Dalam sepenggal firman Allah SWT diatas, bisa anda analisa jika hewan yang saya maksud ini adalah lalat. Lalat sendiri merupakan salah satu diantara puluhan hewan yang mendapatkan keistimewaan, dengan disebutkan dalam Al-Qur’an.

Definisinya secara keilmuwan, Lalat adalah jenis hewan serangga dari ordo Diptera. Perbedaan yang mendasar dari lalat dan jenis hewan ordo serangga lainnya adalah lalat memiliki sepasang sayap terbang dan sepasang sayap halter.

Mungkin selama ini banyak diantara kita yang beranggapan bahwa lalat adalah simbol dari kekotoran, dan lalat juga kerap dianggap membawa banyak penyakit bagi yang dihinggapinya. Namun, ternyata tahukah anda? Jika sebenarnya lalat itu tidak hanya membawa penyakit tapi, mereka sebenarnya juga membawa penyembuh (obat). Anda ragu? Mari simak sabda Rasulullah SAW berikut.

“Apabila seekor lalat masuk ke dalam salah satu minuman dari kalian maka celupkanlah ia, kemudian angkat dan buanglah lalatnya sebab pada sala satu sayapnya ada penyakit dan pada sayap lainnya ada obatnya.” (HR. Bukhari dan Ahmad)

Demi mengungkap kebenaran sabda Rasulullah SAW ini, sekelompok peneliti Muslim dari Mesir dan Arab Saudi melakukan sebuah penelitian lebih lanjut. Mereka menyiapkan dua wadah berbeda yang diisi air dari sumber yang sama. Kemudian mereka membiarkan salah satunya dihinggapi lalat dan satu yang lainnya mereka tenggelamkan lalat di dalamnya.

Dari hasil penelitian tersebut (secara mikroskopis) terungkap jika air yang hanya dihinggapi lalat mengandung banyak bakteri. Sementara itu air yang ditenggelamkan lalat tidak mengandung satupun bakteri dan virus. Yang lebih mengejutkan lagi jika air yang ditenggelami lalat tersebut bahkan lebih bersih dan lebih sehat daripada kondisi air semula.

Para peneliti juga mengungkap jika lalat membawa virus di sayap kirinya sebagai mekanisme pertahana diri, dan membawa penyembuh (obat) di sayap kanannya guna mempertahankan kekebalan dirinya dari bakteri dan virus yang dibawanya.

0 Response to "Inilah Alasan Kenapa Lalat itu Dikatakan Sebagai Obat Penangkal Bakteri dan Virus"

Posting Komentar

visitor


How Many People Visit
How Many People Visit