Menelusuri Jejak Khalifah Allah

Allah SWT berfirman, “Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, ma sing-masing berjalan me nu rut waktu yang ditentu- kan. Ingatlah bahwa Dia lah Yang Mahaperkasa lagi Maha Pengampun.” (QS al-An’am: 95).

Begitulah, alam semesta diciptakan dan ditundukkan oleh Allah SWT bagi manusia agar manusia membangunnya dan menjadi khalifah di muka bu mi. Sami bin Abdullah menjelaskan dalam Atlas Sejarah Nabi dan Rasul (2007), bahwa setelah Allah Azza wa Jalla bersemayam di Arsy, Dia menundukkan matahari dan bulan sehingga masingmasing bergerak dalam batas yang ditentukan.

Kemudian, Allah menciptakan para malaikat, makhluk berbakti yang menempati tempat tertinggi (al- mala al-a’la), kemudian menciptakan jin dan menempatkan mereka di muka bumi. Para jin itu berbuat kerusakan, me numpahkan darah, membunuh satu sama lain. Maka, setelah itu kebijaksanaan- Nya berlaku pada penciptaan Adam. Allah menciptakan pula Hawa dan menempatkan keduanya di surga. Na mun, pelanggaran yang mereka lakukan terhadap larangan Allah berbuah sanksi pe- nu runan mereka ke bumi, seperti difirmankan Allah dalam QS al- Baqarah ayat 35-36.

Turunnya Adam dan Hawa di bumi menjadi awal sejarah manusia dan peradaban Islam di bumi. Ia menjadi khalifah sekaligus nabi pertama yang di perintahkan untuk meng ajak anak cucunya me nyembah Allah.

Setelah Adam, muncul nabi-nabi lain yang diutus untuk tujuan yang sama, sebagian di antara mereka bergelar Rasul serta Ulul Azmi. Sejarah yang me reka ukir melahirkan peradaban Islam yang terus berkembang hingga seka rang.

Para nabi dan rasul dipilih langsung oleh Allah. Mereka menjadi pemimpin kebenaran dan tonggak ketakwaan. Kehidupan me reka menggambarkan bentuk- bentuk keimanan yang sebenar- benarnya berupa kesabaran, keberanian, pengorbanan, dan kerelaan. Allah berfirman da lam surah Yusuf ayat 111 bahwa kisah- kisah mereka mengandung pengajaran bagi orang-orang yang berakal.

Keluarnya gelombang besar manusia dari Semenanjung Arab, munculnya Dinasti Firaun, banjir besar yang melanda umat Nabi Nuh, pembinasaan penduduk Kota Sodom dan Amora, serta pembangun an fondasi Ka’bah adalah beberapa contoh peristiwa penting yang membantu kita menelusuri jejak para khalifah pilihan Allah yang disebutkan dalam Alquran.

0 Response to "Menelusuri Jejak Khalifah Allah"

Posting Komentar

visitor


How Many People Visit
How Many People Visit