Tekno, Tokyo - Produsen perangkat elektronik asal Jepang, Kyocera, mengumumkan peluncuran Rafre, ponsel keduanya yang dapat dicuci dengan sabun.

Perangkat pertama perusahaan yang dapat dicuci, Digno Rafre, diluncurkan pada bulan Desember tahun 2015 dengan spesifikasi untuk kelas menengah.

Ponsel yang kedua ini juga tidak menonjolkan spesifikasi tinggi, tapi tetap menonjolkan fitur yang tidak biasa yang membuat ponsel ini unik. Menurut Kyocera, Rafre dapat dicuci dengan sabun berbusa dan dapat digunakan saat basah, termasuk layar sentuh yang basah.

Ponsel ini juga tahan terhadap air panas, sehingga tidak masalah jika Anda menjatuhkannya ke bak mandi Anda. Anehnya, ponsel ini dilengkapi aplikasi memasak yang dapat dioperasikan dengan gerakan tangan, sehingga Anda tidak perlu menyentuhnya saat sedang memasak.

Kyocera Rafre memiliki spesifikasi layar 5 inci yang mendukung resolusi HD (720p), paket RAM 2GB dan memori internal 16GB (bisa ditingkatkan hingga 200GB melalui kartu microSD).

Sisi belakang dilengkapi dengan kamera 13 megapiksel dengan teknologi pemrosesan gambar milik Kyocera Ainos Engine dan PDAF (phase detection autofocus), sementara di bagian depan ada kamera selfie 5 megapiksel.

Selain itu, ponsel ini menjalankan Android 7.0 Nougat dan didukung oleh baterai 3.000 mAh. Kyocera Rafre tersedia di Jepang melalui operator besar KDDI dengan pilihan warna Pale Pink, Clear White dan Light Blue.

PHONEARENA | ERWIN Z