MetroJakarta - Front Pembela Islam (FPI) menanggapi kabar beredarnya rekaman video yang diduga Firza Husein dan Rizieq Syihab. Menurut juru bicara FPI, Slamet Maarif, kabar tersebut hanya fitnah terhadap organisasinya.

"Itu fitnah keji dan kami menganggap sampah saja. Kami lebih kenal Habib Rizieq dan kami sangat percaya dengan beliau, makanya kami tenang-tenang saja," kata Maarif saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin, 30 Januari 2017.

Meskipun begitu, FPI, kata Maarif, tidak akan mengklarifikasi kabar yang beredar tersebut. Menurut dia, FPI sedang berfokus mengawal kasus dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan isu mengenai kebangkitan Partai Komunis Indonesia.

"Nanti kebenaran muncul sendiri dan terungkap siapa yang fitnah habib. Ada yang lebih penting yang kami pikirkan, yaitu kasus Ahok dan kebangkitan PKI. Itu yang harus kami fokuskan," ujar Maarif.

Selain itu, Maarif mengaku tidak mengenal Firza Husein. FPI masih menyelidiki keberadaan rekaman percakapan tersebut. "Kami sedang selidiki secara saksama dan kumpulkan bukti-bukti untuk mempertimbangkan langkah berikutnya," tuturnya.

Sebelumnya, rekaman dan transkrip percakapan diduga Rizieq dan Firza beredar melalui akun YouTube, Mr. Cracked, sejak 29 Januari 2017. Video ini menampilkan foto-foto transkrip percakapan Firza yang merupakan Ketua Yayasan Solidaritas Sahabat Cendana.

ARKHELAUS W.